Blogger Widgets
Semesta Kata. A blog by Asri Ayu Nuryani

Wednesday, February 25, 2015

Review Semester 1: Belajar Apa di Komunikasi?

Assalamu’alaikum. 

Hmm, saya inget banget, awal tahun kemarin saya sedang rajin-rajinnya mencari info tentang perguruan tinggi. Mulai dari browsing di internet, sampai mendatangi kakak kelas yang lebih dulu berhasil masuk perguruan tinggi negeri. Dan tentunya belajar dong. Buat apa juga kita dapat banyak info tentang PTN tapi kita sendiri nggak belajar? Oke.

Saya bukan mau kasih tips supaya lolos PTN kok. Dan betapa pun kamu membaca tips-tips dari orang hebat, kalau kamu nggak berusaha mungkin akan sulit buat berhasil.

Saya cuma mau berbagi pengalaman sama adik-adik. Terutama buat yang berminat masuk jurusan komunikasi, khususnya di Program Diploma IPB. Ini hanya sekadar review satu semester saya aja, ya. Supaya kamu tahu sedikit gambaran tentang dunia yang bakal kamu masuki ini.

Sebelumnya, mau kasih tahu juga, nih. Karena ini Program Diploma, maka Komunikasi di Program Diploma IPB itu disebutnya Program Keahlian Komunikasi ya (sebut saja PK KMN), bukan jurusan Komunikasi, apalagi jurusan Bekasi-Bogor. (krik krik krik) Oke.

Selain itu, sekali lagi, karena ini Program Diploma, maka bobot persentase kegiatan kuliah yaitu 40% kuliah dan 60% praktikum. Jadi, kamu bisa kuliah hanya 50 menit, tetapi praktikummu mulai 2 bahkan sampai 4 jam. Ini nggak hanya di Komunikasi aja, ya. Tapi ini juga berlaku bagi seluruh program keahlian di Diploma IPB. 

"Apa aja sih yang akan dipelajari di Program Keahlian Komunikasi IPB?"

Di semester satu, kamu bakal menjumpai 7 mata kuliah. Mata kuliahnya terdiri dari 4 mata kuliah Program Keahlian Komunikasi (Pengantar Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Teknik Wawancara, Psikologi Komunikasi) dan 3 mata kuliah Program Diploma (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan juga Pengantar Agroindustri). “Lho apa bedanya?” Bedanya, mata kuliah PK Komunikasi hanya dipelajari oleh mahasiswa KMN aja. Tapi, mata kuliah Program Diploma dipelajari oleh seluruh mahasiswa Program Keahlian lainnya.

Hmm, biar lebih jelas, gimana kalau kita bahas satu per satu? Tapi yang 4 mata kuliah Program Keahlian Komunikasi aja, ya? Sebelum itu, saya cuma membahas tentang praktikum aja, ya. Karena materi kuliah mungkin bisa kamu pelajari sendiri nanti. Oke? Sip deh kalau setuju.




  1. Pengantar Komunikasi
    "kitab" kami
    Mata kuliah ini adalah ilmu dasarnya komunikasi. Mulai dari pengertian komunikasi, prosesnya, hambatannya, dan ilmu dasar komunikasi lainnya yang bakal berguna sampai S3 sekalipun. Menurut saya, mata kuliah ini nggak terlalu berat. Karena tugas kamu nggak jauh dari membuat makalah dan presentasi, dan praktikummu hanya akan mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan teori-teori komunikasi. Oh ya, mata kuliah ini juga lumayan banyak tugas kelompoknya. Jadi, buat yang belum terbiasa kerja dalam tim, coba mulai dilatih dari sekarang.
  2. Komunikasi Antarpribadi
    Nah, ini yang mungkin bakal jadi mata kuliah favorit kamu. Kenapa? Percaya atau nggak, tugasmu di mata kuliah ini cuma ngobrol, role play (main peran), games, curhat dan nonton film!

    Di awal pertemuan, kamu bakal disuruh ngobrol dengan teman sekelasmu, mulai dari topik ringan yang nggak ditentuin sampai topik-topik berat yang ditentuin sama dosen.

    Terus, kamu bakal dapet tugas bermain peran. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok, di mana kamu diminta untuk memainkan sebuah peran berdasarkan cerita yang kamu karang sendiri dengan tema yang biasanya ditentukan secara acak oleh dosen. Dalam bermain peran, kamu harus total, nggak boleh setengah-setengah. Kalau nggak, ya, nilaimu taruhannya. Ya, saya inget, terakhir role play saya berperan jadi cewek Malaysia dan berbahasa Melayu pastinya. Saya berhari-hari nonton Upin-Ipin buat belajar bahasa Melayu. :’) Hasilnya, lumayan bagus, kata temen-temen. Tapi malunya sampe wisuda, guys. -_-

    Games! Ini juga seru. Tapi nggak asal main aja ya. Games ini berdasarkan teori komunikasi juga tentunya. Dan inget, no cheating! Jangan samakan games praktikum ini dengan PES, GTA, bahkan The Sims.

    Di mata kuliah ini, kamu bakal dua kali nonton film di kelas bersama dosen dan teman-teman kelasmu. Film pertama berkaitan dengan materi persepsi. Waktu itu saya menonton film Sherlock Holmes: Study in Pink!. Film kedua berkaitan dengan materi konflik. Kalau tidak salah, saat itu saya menonton film Tere bin Laden. Eits, jangan seneng dulu. Sehabis nonton film kamu juga harus menulis hasil analisis kamu sesuai instruksi dari dosen! Seru kan? :p

    Selain itu kamu juga bakal disuruh saling curhat dan saling memberikan saran pada temanmu.Hal ini bisa membuat kamu dan teman kelasmu menjadi lebih dekat secara emosional.
  3. Psikologi Komunikasi
    "kitab" juga
    Di pertemuan pertama kamu sudah harus ke lapangan, walaupun masih di sekitar areal kampus, untuk mewawancarai sejumlah orang terkait dengan identitasnya. Pertemuan selanjutnya, kamu juga bakal kembali ke lapangan untuk mengamati perilaku orang-orang di sekitarmu. Tugas ini merupakan tugas kelompok. Saya ingat, saat itu saya dan teman-teman kebagian tugas observasi di stasiun Kota Bogor. Tempat lainnya yang juga jadi objek observasi adalah pasar, rumah sakit, mall. Ya, berdoa aja ya, semoga kebagian di mall ya! :p

    Di mata kuliah ini, kamu pun bakal beberapa kali membuat makalah dan juga presentasi. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini melatih kekuatan psikologismu. Kamu dilatih untuk menjadi pribadi yang memiliki emosi stabil, serta menjadi pribadi yang terbuka. Di satu praktikum, kamu dan teman-temanmu bahkan bisa menangis bersama. Kenapa? Penasaran kan? Hahaha.

    Tenang, mata kuliah ini juga ada nonton filmya kok. Dua kali juga. Kurang seru apa lagi? Saat itu saya menonton film Sixth Sense, sebuah film psikologi yang dijamin bikin kamu nggak bisa tidur. Film kedua yaitu film Three Idiots. Saya nggak bisa berhenti nangis menonton film ini. Dan jangan lupa, ada apa setelah nonton film? Yak, betul sekali! Tugas. Hehehehe. Semangat!
  4. Teknik Wawancara
    Akhirnya, sampailah kita pada mata kuliah yang menurut saya paling berat. Mata kuliah inilah yang paling relevan dengan minat saya, yaitu jurnalistik. Dengan minat saja masih terasa berat, bayangkan jika kamu mengikuti mata kuliah ini tanpa ketertarikan. Pasti akan terasa jauh lebih berat.

    “Seberat apa sih, Kak Asri?” Hmm, jangan diceritain di sini ya. Mungkin nanti saya akan buat postingan khusus soal ini. Itu pun kalau ada yang penasaran sih. Kalau nggak ya udah. :(
    wawancara petugas kebun binatang

    Tapi terlepas dari beratnya, mata kuliah ini masih jadi mata kuliah favorit buat saya. Tugas yang paling berkesan buat saya yaitu saat membuat acara mini talkshow dan saat siaran radio.

    Acara mini talkshow pertama hanya disaksikan oleh teman sekelas praktikum saja. Waktu itu kelompok saya mendapat tugas membuat parodi Bukan Empat Mata, di mana saya berperan sebagai Jojo. Alhasil, saya pun membuat video lipsync Keong Racun versi berhijab. :( Semua kebutuhan talkshow kami kerjakan sendiri, mulai dari skrip, properti, hingga iklan. Alhamdulillah, sukses.

    Radio! Alhamdulillah, saya terpilih untuk menjadi announcer (penyiar) dalam kelompok saya. Hal ini membuat saya merasa semakin dekat meraih mimpi saya. Seperti halnya talkshow kami mengerjakan segalanya sendiri, seperti skrip dan jingle.

    Talkshow kedua. Kali ini satu kelas praktikum bergabung menjadi sebuah kelompok. Acara ini disaksikan oleh kelas praktikum lain. Kami membuat talkshow dengan format hasil kreasi kami sendiri. Kali ini, saya bertugas sebagai script writer sekaligus home band (padahal nggak bisa nyanyi).

    Talkshow ini juga menjadi project terbesar di semester 1. Di sini dibutuhkan kekompakan dan kerja tim yang luar biasa. Kita bahkan sempet berantem, beradu argumen, tapi alhamdulillah lagi, semuanya lancar.

    Ah, ya! Hampir lupa. Mata kuliah ini juga mengharuskan untuk melakukan media visit. Dan kelas saya berkunjung ke Metro TV dan menonton acara Kick Andy. Wonderful, isn’t it?
    media visit Metro TV

seragam kebanggaan kami

let's fly with us!


Sekian cerita pengalaman saya selama satu semester ini. Semoga ada pelajaran atau informasi yang bisa bermanfaat buat kamu. Saya tunggu kamu di sini ya! 

Wassalamu'alaikum.



p.s:
1) ini mah pengalaman pribadi saya (angkatan 51) aja ya, adik-adik.
2) mata kuliah ini mungkin sewaktu-waktu bisa berubah.
3) jenis praktikumnya pun nggak menutup kemungkinan akan diubah setiap tahunnya.
4) tulisan ini emang terkesan kalo komunikasi itu menyenangkan banget. tapi manis dan pahit satu paket kan? tiap semesternya makin terasa berat. jadi jangan sampe salah jurusan ya! 

50 comments:

  1. halo kak aku dari jakarta,dan mulai tertarik dengan diploma komunikas ipb. kebetulan juga diploma ipb menawarkan pendaftaran kesekolahku. tapi orang tuaku agak sedikit binggung. katanya, ipb itu jauh bgt ya kak dari bogornya? terus kepedalaman gitu? apa bener kak? makasi infonya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sekar. Wah, seneng deh kamu tertarik. Nggak kok. Diploma IPB itu di yang di kotanya, Sekar. Lokasinya mudah dijangkau. Mungkin nggak sampe 10 menit keluar dari gerbang tol Bogor. Kalau yang jauh itu IPB S1nya. Semoga membantu ya. ^^

      Delete
  2. kak mau nanya, kalau d3 IPB ada mata kuliah bagian Industri Kreatif Penyiaran seperti yang ada di UI atau UNPAD? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, saya mau jawab. Nggak ada, dek. Lihat di sini ya untuk mata kuliahnya: http://diploma.ipb.ac.id/index.php/content/pk/detail/id_pk/1

      Delete
    2. Haii kak saya ihsan dri s1 ipb ilmu tanah, saya boleh tanya2 lebih rinci tentang KMN ? Soalnya saya ada keperluan. Pc saya ya kak 081288011703

      Delete
  3. Kak prospek kerja dari diploma komunikasi ini gimana ya? Sebutkan lebih rinci ya kak.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai webnya gini, dek:

      LAPANGAN PEKERJAAN
      1) Media Massa Cetak dan Elektronik (Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Buku, Radio, TV, Film dan Media Online).
      2) Instansi Pemerintah dan Swasta di bidang Komunikasi dan Informasi.
      3) Wirausaha bisnis komunikasi.

      Saya jabarin ya contoh-contohnya.

      Di media, kamu bisa jadi jurnalis, soalnya ada beberapa mata kuliah yang related sama jurnalistik, misalnya Teknik Wawancara, Teknik Penulisan Media Cetak, Teknik Penulisan Media Elektronik. Bisa juga jadi floor director, camera person.

      Di radio, kamu bisa jadi penyiar, script writer, music director, dll. Mata kuliah yang berhubungan ada di semester 5, yaitu Produksi Siaran Radio. Di semester 1 juga udah mulai dikenalin tentang radio di mata kuliah Teknik Wawancara.

      Kamu bisa juga jadi graphic designer, seperti layouter majalah/buku/tabloid. Soalnya di semester 3 ada mata kuliah Desain Grafis.

      Di film, kamu bisa jadi sutradara, bahkan kalo kamu pede, kamu bisa jadi aktornya. Bisa juga jadi editor film.

      Kamu bisa juga jadi public speaker, seperti MC, motivator, dll. Dipelajari di semester 3, mata kuliah Retorika/Public Speaking.

      Kamu bisa juga jadi public relations (PR). Dipelajari juga di semester 3, mata kuliah Hubungan Masyarakat/Public Relations.

      Kamu bisa juga kerja di industri periklanan.

      Contoh dari wirausaha bidang komunikasi, yaitu kamu bisa bikin usaha event organizer (EO) sendiri. Terus bisa juga bikin agensi periklanan sendiri.

      Aduh banyak banget, dek. Ini kalo dilanjutin bisa jadi postingan sendiri hehehe. Segitu dulu ya. Semoga membantu. Good luck! ^^

      Delete
  4. kak mau tanya kalo komunikasi ada peminatan advertising nya enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Diploma IPB nggak ada peminatan, dek. Semua bidang komunikasi dipelajarin.

      Delete
  5. Hai kak,kebetulan aku ini lagi nyoba untuk ikut D3 KMN.. lagi bikin essay nya nih haha.. makasih udh bkin review nya kak aku jd ada gambar kalau seandainya keterima disini. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, dek. Waaah iya sama-sama. Aamiin, good luck ya!

      Delete
  6. Hey Kak, Alhamdulillah saya keterima di Diploma IPB KMN, saya baca ini jadi rasanya gugup haha, banyak presentasi, ga biasa presentasi didepan. Itu " Kitab " dari kampusnya atau beli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, dik. Alhamdulillah selamat ya! Hahaha entar juga kebiasa kok. Nanti presentasi bakal jadi makanan sehari-hari. Itu bukunya beli sendiri. Kampus cuma nyediain modul aja, dek.

      Delete
  7. Ka saya dari IPS. Bisa ambil komunikasi ipb ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, lena. bisa kok kalau kamu ikut jalur reguler (tes).

      Delete
  8. Halo lena, iya bisa kok. Komunikasi itu umum kalau ga salah.

    ReplyDelete
  9. Halo kak Asri, aku mau nanya kalo d3 ipb lewat jalur test ada prioritas jurusannya gitu gak ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, khayda. setauku sih ngga ada ya. soalnya aku dari ipa, temen2ku banyak juga yang dari ips dan ada juga yang dari smk.

      Delete
  10. Halo, Kak Asri! Salam kenal sebelumnya. Aku baru aja keterima di komunikasi d3 ipb ini. Berarti aku komunikasi angakatan 53 ya hehe. Suka bgt baca postingan kak asri. Jadi lebih semangat dan tertarik belajar di komunikasi ipb ini. Aku boleh bagi kontak kaka gak? Hehehe buat nanya2 trs nambah temen anak komunikasi. Sukses terus kak!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai! selamat ya, asti. iya kamu angkatan 53 hehe. boleh dong, id lineku: asriayun. siap, sukses juga ya buat kamu! :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kakkk, aku mau masuk d3 kmn ipb juga. Kira2 kita butuh kamera gak sih kak trus biasanyaaa itu di semester berapa kakkk,? Makasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, hanna. kalo semester 1, 2, 3 itu sebenernya nggak wajib punya kamera. tapi beberapa tugas ada juga yg butuh kamera. nah, nanti di semester 4 ada mata kuliah fotografi. nggak wajib punya juga, soalnya di kampus ada beberapa buat dipinjemin ke anak kmn. tapi enakan punya sendiri sih wehehe. semester 5 juga dipake buat bikin film, iklan, dll. :))

      Delete
  13. Baca postingan ini jadi makin gk sabar buat masuk KMN IPB hehehe , btw salam kenal kak saya junior kakak KMN IPB angkatan 2016 , kak emang bener ya nanti ada matkul Desain Grafis ? , trus ada gk sih tradisi/kebiasaan anak KMN yang buat beda sama jurusan lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo halo, salam kenal juga ya! iya bener banget. di semester 3 ada mata kuliah desain grafis. kebiasaan anak kmn yang bikin beda sama jurusan lain? ada banget. :)) ga enak kalo diomongin di sini hahaha.

      Delete
  14. hai kak asri ,, mau tanya dong , komunikasi d3 ipb itu untuk IPA atau IPS ya kak ? terus apa untuk pelunag menjadi model atau artis lebih mudah juga ? makasih kak .

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. hai kak asri,, oiya saya minat nh kesana ,, apa untuk penyiar radio, fotografi , dan pmebuatan iklan tu akan diplejari oleh semua mahasiswa KMN atau hanya yang berminat sesaui pilihannya ? thanks kak

    ReplyDelete
  17. Leh uga ni postingan blognya wkwkwk. Kaya kenal yang nulis deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, jangan gitu kau, nang. malu aku. hahaha. :p

      Delete
  18. Leh uga ni postingan blognya wkwkwk. Kaya kenal yang nulis deh :p

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum ka asri. Mau tnya ka, ilkom di ipb d3 ya kak? Gaada s1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, d3 aja. kalau s1 adanya sains komunikasi dan pengembangan masyarakat (skpm).

      Delete
  20. Ka saya tuh kurang dalam public speaking apa sebelumnya kaka pernah kaya gitu? trus karna udah masuk komunikasi kaka jd pede public speaking:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. sejujurnya pada dasarnya saya pendiam, dek. hahaha. tapi walaupun nggak terlalu suka tampil dan ngomong, sejauh ini saya nggak ada masalah dengan public speaking, karena saya suka. :)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Hallo kak:) aku mau nanya perbedaan sains komunikasi s1 sama ilkom di d3. Beda banget gak yah kak?

    ReplyDelete
  23. Hay kak, terimakasih buat artikel nya yaa, sedikit banyak sudah menjawab pertanyaan2ku selama ini��
    Btw kalo boleh tau, masuk ipb ini pake jalur apa ya kak? Aku berminat ikut pake seleksi nilai rapot itu, cuma takut rata2 nilaiku ga cukup:( mohon dijawab ya kak, terimakasih banyak��

    ReplyDelete
  24. Hay kak, terimakasih buat artikel nya yaa, sedikit banyak sudah menjawab pertanyaan2ku selama ini��
    Btw kalo boleh tau, masuk ipb ini pake jalur apa ya kak? Aku berminat ikut pake seleksi nilai rapot itu, cuma takut rata2 nilaiku ga cukup:( mohon dijawab ya kak, terimakasih banyak��

    ReplyDelete
  25. Kak.. Aku dari padang sidempuan sumatra...
    Bisa ngak daftar lewat SNMPTN?
    Trus wajib punya kamera ngak sih kak?

    ReplyDelete
  26. Kak.. Aku dari padang sidempuan sumatra...
    Bisa ngak daftar lewat SNMPTN?
    Trus wajib punya kamera ngak sih kak?

    ReplyDelete
  27. ka mau nanya apa bedanya komunikasi ipb sam komunikasi yang lain? di sini ada Public Relation nya juga kah?

    ReplyDelete
  28. ka mau nanya apa bedanya komunikasi ipb sam komunikasi yang lain? di sini ada Public Relation nya juga kah?

    ReplyDelete
  29. Ka, aku mau tanya dong, ini kan KMN yg D3. Kalo yg komunikasi S1 nya ada ngga ka di IPB?. Mohon jawabannya kak, terima kasih

    ReplyDelete
  30. Kak aku mau nanya komunikasi di IPB adanya D3 saja ? S1 nya tidak ada?

    ReplyDelete
  31. Hallo kak:) aku mau nanya perbedaan sains komunikasi s1 sama ilkom di d3. Beda banget gak yah kak? (2)

    ReplyDelete
  32. Hai kak,
    Terimakasih sebelumnya buat ukasan dan info pentingnya (sangat penting) untuk kami khususnya saya calon Mahasiswi Ilmu komunikasih(Amin).
    Ada satu hal yang mau saya tanyakan, Apakah benar di jurusan ini nantinya akan ada mata pelajaran MTK? kalau iya, serumit apa kak? Anyway thankyou:)

    ReplyDelete
  33. Hai kak,
    Terimakasih sebelumnya buat ukasan dan info pentingnya (sangat penting) untuk kami khususnya saya calon Mahasiswi Ilmu komunikasih(Amin).
    Ada satu hal yang mau saya tanyakan, Apakah benar di jurusan ini nantinya akan ada mata pelajaran MTK? kalau iya, serumit apa kak? Anyway thankyou:)

    ReplyDelete